Beredar Data KPU Bocor, Polisi Belum Terima Laporan.

0
25
KPU Pusat

Saat ini beredar bahwa Data penduduk Indonesia yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) diduga bocor namun demikian pihak kepolisian mengatakan bahwa belum menerima laporan atau melaporkan dugaan tersebut pada bareskrim.

“Hingga saat ini kami belum menerima laporan dari pihak KPU ke Bareskrim Polri tentang dugaan kebocoran data milik KPU.” Ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, kepada integritasonline.com, Rabu (26/5/2020).

Sebelumnya, sejumlah data penduduk Indonesia diduga bocor beredar viral di media sosial. Data ini terkait dengan data pemilih tetap (DPT) yang dimiliki KPU. Informasi bocornya jutaan data ini dicuitkan oleh akun Twitter @underthebreach yang dituliskan, bahwa pelaku akan menampilkan 2,3 juta data kependudukan Indonesia dan pemilihan umum.

Postingan tersebut juga disertai dengan foto berisi 3 tangakapan layar. Gambar pertama yaitu tangkapan layar disebuah forum di dark web, tangkapan DPT KPU, dan tangkapan layar yang berisikan folder nama-nama kota di Jawa Tengah.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan penelusuran terkait infomasi tersebut. Selain itu, menurutnya KPU juga tengah melakukan pengecekan kondisi server data.

“KPU RI sudah bekerja sejak tadi malam menelusuri berita tersebut lebih lanjut, melakukan cek kondisi intenal (server data) dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya, Jumat (22/05/2020). (CPK)

Leave a Reply