CEPOT SI MUKA MERAH

0
18
Cepot Si Muka Merah

Cepot atau Astrajingga merupakan salah satu tokoh Wayang Golek dalam seni pedalangan masyarakat Sunda. Cepot adalah karakter panakawan wayang golek bersama Dawala dan Garéng, yang tidak ada dalam Mahabharata atau Ramayana asli. Cepot adalah salah satu putra Semar.

Cepot adalah karakter pedesaan dari desa fiksi Tumaritis, tempat ia tinggal bersama ayahnya Semar dan dua saudara laki-lakinya, Petruk dan Dawala. Cepot humoris dan easy going, semua yang dikatakan Cepot cenderung lucu, dan ulah Cepot banyak bercanda slapstick, kebanyakan dilakukan bersamaan dengan tokoh wayang golek antagonisnya.

Cepot dalam wayang golek juga memiliki wajah lain yang tampan: Astrajingga, digambarkan dengan wajahnya yang lurus, rendah hati, tampan dan putih. Cepot adalah tokoh favorit maestro wayang golek Indonesia asal Sunda Asep Sunandar Sunarya.

Masyarakat sunda sangat mengemari wayang golek khususnya kemunculan Cepot dan kawan-kawan karena karakternya yang jenaka, saat ini kesenian wayang golek tersisihkan oleh budaya lain, oleh karena beberapa seniman dari sunda terus mengiatkan bahkan megikuti zaman agar tidak ditinggalkan oleh kalangan muda atau dikenal anak-anak milenial dan saat ini wayang Golek sudah banyak kita saksikan melalui versi digital Youtube dll.

Herry – Bandung

Leave a Reply