Covid Meningkat Drastis, Emergency Break Akan Diambil DKI Jakarta

0
4
waspada, covid meningkat dki jakarta

Rencana Pemprov DKI Jakarta untuk mengambil kebijakan emergency break atau rem darurat usai libur tahun baru 2021 dinilai membuat psikologi pengusaha menjadi makin kacau.

Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan pengusaha saat ini sudah khawatir dan galau dengan rencana tersebut. Dia menilai jika kebijakan tersebut diberlakukan, maka pembatasan jam operasional dan pembatasan ruang gerak warga akan diberlakukan kembali.

“Jika kembali seperti yang dulu tentu akan membuat aktivitas ekonomi semakin terbatas dan stagnan,” ujar Sarman, Senin (28/12/2020).

Dia menilai hal ini menjadi sinyal buruk bagi perekonomian di awal tahun. Bahkan, kebijakan ini bisa menurunkan optimisme pengusaha.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pernah berbicara soal kemungkinan menarik emergency break atau rem darurat. Namun memang, keputusan menarik rem darurat baru akan diputuskan di awal Januari 2021.

Hal itu terjadi setelah jumlah kasus COVID-19 di Jakarta terus meningkat. Bahkan, selama sepekan kemarin jumlah positif Corona mengalami kenaikan tertinggi selama dua hari.

“Menyikapi peningkatan ini kami akan terus mengambil beberapa kebijakan. Kita akan lihat nanti dalam beberapa hari ke depan, setelah tanggal 3 Januari 2021 apakah dimungkinkan nanti Pak Gubernur, apakah ada emergency brake atau yang lain nanti kami akan lihat sesuai dengan fakta dan data memang ini sangat dinamis sekali terkait fakta dan data,” kata Riza Patria di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (27/12/2020). (IRS)

Leave a Reply