Erick Thohir Ditunjuk Sebagai Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

0
22
Erick Tohir, Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah mengenai Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Melalui PP tersebut, Jokowi membentuk tim untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Di dalam tim tersebut ada Satuan Tugas Perekonomian dan Satuan Tugas Covid-19.

“Tugasnya tentu melihat situasi perekonomian nasional, serta perkembangan Covid-19. Juga dari segi ketersediaan alat tes, penyediaan vaksin dan antibodi, juga perekonomian yang sifatnya multiyears,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi video, Senin, 20 Juli 2020.

Pembentukan tim tersebut, menurut Airlangga diperlukan setelah pemerintah melihat bahwa pemulihan dari pandemi akan memakan waktu. Sehingga, presiden memberi penugasan agar tim sepenuhnya merencanakan dan mengeksekusi program agar penanganan covid dan pemulihan ekonomi berjalan beriringan. “Agar keduanya ditangani kelembagaan yang sama dan kordinasi maksimal,” ujar dia.

Adapun Ketua Pelaksana tim ini adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. Ia akan bertugas mengkoordinasikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diketuai Doni Monardo, dengan Gugus Tugas baru yang khusus menangani pemulihan ekonomi nasional, yang diketuai oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin.

Karena itu, Airlangga mengatakan tugas Tim Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19 juga tak hanya di bidang ekonomi. Mereka juga akan menangani penanganan Covid-19 secara umum.

“Dari segi ketersediaan peralatan tes maupun perkembangan vaksin dan antibodi dan juga program perekonomian yang sifatnya multiyears,” kata Airlangga. (HC)

Leave a Reply