Harta 50 Orang Terkaya RI, Lampaui Target Pajak 2018

0
364
Harta 50 Orang Terkaya Ri, Lampaui Target Pajak 2018

Bila dikumpulkan, maka seluruh harta ke 50 warga Indonesia ini bisa melampaui target pajak 2018 sebesar Rp 1.618 triliun. Dirilis Majalah Forbes, total kekayaan mereka mencapai US$129 miliar atau setara dengan Rp 1.870 triliun.

Total kekayaan para konglomerat itu naik US$3 miliar dari tahun lalu. Forbes menyebut pertumbuhan kekayaan para konglomerat tersebut, ditunjang pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan pasar modal dalam setahun terakhir yang mencapai 4,4 persen.

Tahun ini, nilai aset bersih minimum dalam daftar orang terkaya Indonesia adalah US$600 juta, naik sebesar US$150 juta dari aset minimum tahun 2017. Pencapaian ini juga tercatat sebagai pencapaian tertinggi sejak tahun 2013.

Daftar 50 orang Indonesia terkaya versi Forbes disusun berdasarkan informasi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang didapatkan dari keluarga dan individu, bursa efek, laporan tahunan dan analis.

Sementara itu, nilai aset yang dicantumkan mencakup kekayaan individu dan keluarga, termasuk kekayaan bersama antara pendiri perusahaan dan kerabat keluarga terdekat. Nilai aset dari perusahaan publik dihitung berdasarkan harga saham dan kurs pada 30 November 2018. Nilai aset perusahaan swasta dinilai berdasarkan nilai perusahaan serupa yang tercatat di bursa.

Dari daftar orang terkaya tersebut, nama Hartono bersaudara kembali dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia. Tercatat, Hartono bersaudara telah menempati peringkat terkaya selama 10 tahun terakhir.

Tahun ini, total kekayaan Hartono bersaudara tercatat sebesar US$35 miliar atau setara Rp507,5 triliun (mengacu kurs Rp14.500 per dolar AS). Dari total kekayaan Hartono bersaudara tersebut, sekitar 70 persen berasal dari Bank Central Asia.

Sementara itu, konglomerat Susilo Wonowidjojo naik ke posisi dua dengan kekayaan sebesar US$9,2 miliar. Susilo berhasil menggeser posisi pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja yang turun menjadi peringkat ketiga. Kekayaan Eka Tjipta tahun ini berkurang sebesar US$500 juta menjadi US$8,6 miliar. (INT)

Leave a Reply