Hingga Akhir Desember 2018, Tujuh Ruas Tol Ini Digratiskan

0
289
Ilustrasi Tol Gratis

Presiden Joko Widodo Jokowi meresmikan 7 ruas tol bagian dari Trans Jawa, di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, hari ini, Kamis (20/12). Empat ruas tol di wilayah Jawa Timur, antara lain, ruas Wilangan-Kertosono (38 Km), ruas Kertosono-Bandar (1 Km), Relokasi ruas Porong-Gempol (6 Km), dan ruas Pasuruan-Grati (14 Km). Total panjang ruas 59 Km.

Sementara tiga ruas tol di Jawa Tengah, yaitu ruas Pemalang-Batang
(34 Km), ruas Batang-Semarang (75 Km), dan ruas Salatiga-Kertasura (33
Km). Total panjang, 142 km.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna,
mengatakan Trans Jawa sudah dapat dipakai untuk mendukung arus lalu
lintas ketika memasuki libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Untuk
ketujuh ruas ini pun akan digratiskan hingga akhir Desember 2018.

“Sudah sampai Grati. Lebih dari Surabaya. Secara teknis setelah diresmikan, sudah bisa beroperasi. Ada nanti mungkin kita perlu clearing, pembersihan,” kata dia, Kamis (20/12).

Peresmian ke-7 ruas tol tersebut menandai terhubungnya ruas tol Trans Jawa dari Merak hingga Grati. “Dengan nyambung berarti 933 Km dari Merak sampai ke Grati. Yang selanjutnya, sebetulnya yang ke Probolinggo (ruas Grati-Probolinggo) bisa awal tahun depan. Probolinggo- Banyuwangi kurang lebih tahun 2021,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Herry proses pengerjaan yang akan dilakukan tinggal tahap finalisasi seperti pemasangan rambu-rambu lalu lintas di ruas Trans Jawa. “Ujian pertama di Natal dan Tahun Baru, yang kedua di Lebaran. Diharapkan nanti ketika Lebaran sudah bisa lebih baik. Kalau rambu-rambu semua sudah cuma memang di sini ada beberapa yang dalam proses sehingga akan difinalkan dalam waktu dekat,” tandasnya. (INT)

Leave a Reply