Jokowi Tunjuk Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri

0
90
kabareskrim_Komjen Pol listyo Sigit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Idham Aziz. Usulan nama Kapolri ini tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke Pimpinan DPR, Rabu (13/1/2020).

Pratikno sebelumnya tiba di Gedung DPR RI, Kompleks Senayan, Jakarta sekitar pukul 10.40 WIB. Mengenakan pakaian bercorak batik warna cokelat, kedatangan Pratikno disambut Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Menurut Puan, DPR akan langsung memproses surpres usulan nama calon Kapolri itu sesuai mekanisme yang berlaku.

“Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri dengan nama tunggal yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” ujar Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung DPR.

Selanjutnya proses pemberian persetujuan akan dilakukan sesuai mekanisme internal rapim dan kami akan tugaskan komisi tiga  untuk fit and proper, hasilnya akan dibawa ke Rapat Paripurna untuk dapat persetujuan,

Nama Komjen Listyo beberapa hari ini sangat ramai diberikan sebagai penganti Idham Aziz yang memasuki masa pensiun, Komisi tiga memiliki 20 hari kedepan sejak diterima supres (surat presiden) untuk melakukan fit and proper  dan hasilnya akan dibawa dalam rapat paripurna dan Presiden akan melantik bilamana rapat paripurna sudah menyetujui. (IRS)

Leave a Reply