Kini ASN Boleh Menilai Kinerja Rekan Kerja dan Atasan

0
155
Kini ASN bisa menilai kinerja atasan dan rekan kerja

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) menyatakan, sistem penilaian kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) telah dirombak. Sistem tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 tahun 2019.

Deputi bidang SDM Aparatur KemenpanRB, Setiawan mengatakan, sistem penilaian kinerja yang baru tersebut memungkinkan seorang ASN untuk menilai kinerja rekan sesama, bahkan atasan.

“Bobot ada 360 derajat, jadi menilainya tidak bagus ke atasnya saja, tidak hanya kiri kanan saja, karena bawahan kita juga akan menilai kita juga,” katanya di Jakarta, Rabu (17/10/2019).

Dia menilai sistem penilaian kinerja tersebut lebih objektif daripada sebelumnya. Pasalnya, semua ASN dalam tim bisa menilai kinerja semua anggota, termasuk atasan.

Selain itu, menurut Setiawan, sistem yang baru ini berpotensi mengikis budaya buruk di lingkungan birokrasi yang hanya berbuat baik kepada atasan. Sementara perilaku kepada rekan kerja, terutama yang memiliki strata sama kerap diabaikan.

“Kalau dulu kan yang bawahan enggak dinilai yang rekanan, kalau (ASN) baik ke atasan, kita selesai. Kalau sekarang kan kita ke kiri dan ke kanannya harus baik,” ucapnya.

Sistem yang baru ini diharapkan bisa menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, produktif, dan kondusif. Dengan begitu, kinerja birokrasi bisa meningkat.

“Inilah paradigma seseorang ini harus bisa bekerja sama dan membimbing bawahannya,” kata dia. (INT)

Leave a Reply