Komisi X DPR RI : Mediasi Dosen SBM dan Rektor ITB

0
23
Kisruh Dosen SBM ITB dan Rektor ITB

Komisi X DPR RI menyayangkan konflik antara dosen Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Rektor ITB. Komisi X DPR RI siap menjadi moderator konflik dosen SBM dan Rektor ITB lewat rapat dengar pendapat (RDP).

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda awalnya menduga ITB bisa mengatasi masalah internalnya. Namun, katanya, konflik antara dosen SBM dengan Rektor ITB tak kunjung tuntas hingga akhirnya menjadi diketahui masyarakat umum.

“Saya menyayangkan terjadi berlarut-larutnya konflik ini, saya membayangkan selevel ITB saya kira bisa lebih mengambil jalan win-win solution dan tidak ter-publish begini,” kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda kepada wartawan, Kamis (10/3/2022).

Huda menilai konflik ini harusnya bisa dituntaskan secara internal. Namun, dia menyebut penuntasan konflik tersebut masih menemui jalan buntu.

“Saya sejak awal mendorong pihak rektor dan pihak forum dosen untuk membahas ini dalam satu meja dengan kepala dingin, walaupun saya lihat menemui jalan buntu ya, karena beberapa kali,” ujarnya.

Huda menjelaskan ITB merupakan perguruan tinggi berbadan hukum yang artinya harus mandiri menuntaskan masalah internalnya. Dia menyebut Mendikbudristek Nadiem Makarim selaku Majelis Wali Amanat (MWA) ITB juga turun tangan sebagai mediator.

“Oleh karena itu, ketimbang mengundang pihak eksternal, saya kira lebih baik diselesaikan dituntaskan di internal ITB sendiri. Posisi Mas Nadiem setahu saya termasuk (MWA), saya kira tak ada salahnya, terlebih kalau Kemdikbud bisa mengambil peran mediator sekaligus fasilitator,” ucapnya. (CPK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here