Luhut: Indonesia Miliki Jumlah Vaksin Covid-19 Yang Cukup

0
3
Indonesia sudah memiliki vaksin Covid-19 yang cukup.

Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan menjabarkan strategi pemerintah untuk mengendalikan Covid-19 lewat program vaksinasi agar ekonomi bisa berjalan lagi.

Menurut Luhut Indonesia sudah memiliki vaksin Covid-19 yang cukup, tinggal jadwal (schedule) kedatangannya ke Indonesia dan sudah banyak orang yang mau divaksin. Saat ini sudah ada ratusan ribu warga Indonesia sudah mendapatkan vaksin.

“Saya berharap mungkin akhir Maret kita bisa [vaksin] 500 ribu per hari. Kalau angka ini kita pelihara dan bisa kita dekatkan ke 700.000 per hari di bulan April maka, di kabinet ada dua pendapat ada yang sebut bulan Juli dan ada bulan Agustus kita dapat 70 juta, Saya sih dengan tim dengan confidence Juli kita bisa dapat 70 juta,” ujar Luhut.

“Jadi 70 juta kita dapat dan kita target dengan betul kepada sasaran-sasaran yang penting, kita melihat akan mulai terjadi herd immunity di sana dan itu akan terlihat ekonomi mulai berjalan,” ungkap Luhut, Kamis (25/2/2021).

Sebelumnya Bloomberg News melaporkan Indonesia membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai herd immunity. Ini adalah kondisi di mana 70% penduduk Indonesia sudah disuntik vaksin dan menciptakan kekebalan kelompok.

Untuk ciptakan herd immunity, Indonesia butuh memvaksin 181 juta penduduk. Dalam perhitungan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kondisi ini bisa tercipta pada Maret 2022.

Berdasarkan perhitungan Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) pandemi Covid-19 di Indonesia bisa dikendalikan jika 70,98 juta setara dengan 39% total penduduk sudah divaksinasi.

Indikator pandemi terkendali jika angka reproduksi efektif (Rt) turun dari 1,2 (saat ini) menjadi 0,9 (wabah terkendali). Wabah terkendali jika terjadi penurunan kasus baru secara konsisten.

Dalam catatan FKM UI vaksinasi pada 70,89 juta penduduk bisa selesai pada September 2021. Syaratnya: jumlah vaksinator sebanyak 31.000 orang; jumlah vaksinasi/vaksinator/hari mencapai 30 orang; jumlah vaksinasi mencapai 930 ribu suntikan per hari; dan vaksinasi diberikan dua dosis dengan jeda 14 hari dan efek perlindungan optimal 14 hari setelah vaksin kedua.

(IN)

Leave a Reply