Oleskan Balsem Mentol, Untuk Batuk Yang Tak Kunjung Sembu

0
356
Balsem bisa dijadikan alternatif untuk meredakan batuk

Jika batuk dibiarkan berkelanjutan, maka masalah lain akan muncul. Misalnya saja kondisi sakit kepala yang tidak tertahankan atau bahkan sampai pada masalah pernapasan yang lebih serius.

Kalau obat yang diresepkan dokter kurang manjur, ada cara tambahan yang bisa dilakukan. Adalah dengan mengoleskan balsem di kaki. Ya, cara ini dianggap bisa menjadi alternatif yang tepat.

Menurut The Hearty Soul, cara ini paling nyaman dilakukan saat sebelum Anda terlelap. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan juga, ialah setelah mengoleskan balsem di kaki, usahakan untuk menggunakan kaos kaki dan selimut selama Anda tidur.

Penelitian mengenai treatment ini memang belum jelas. Tapi, pada 2007, salah satu produsen balsem dunia menerangkan bahwa cara ini bisa meredakan batuk yang tak kunjung sembuh.

Di sisi lain, Psikolog Dr Lynne Jordan menjelaskan bahwa menggosokan balsem di kaki saat Anda batuk dapat mengurasi stres. Ketegangan yang ditimbulkan dari batuk akan menggangu otak dan jika hal ini bisa diatasi, maka setidaknya ada upaya penyembuhan yang lebih berarti.

Dijelaskan Asisten Profesor Klinis di Departemen Alergi Pediatrik, Imunologi, dan Penyakit Infeksi di Universitas Rutgers Satya D. Nariset, MD, hal yang mungkin bisa dijelaskan mengenai hal ini adalah kondisi nyaman.
Ya, Satya menuturkan bahwa aroma mentol yang dikeluarkan balsem dapat memicu reseptor dingin di hidung dan saluran napas bagian atas di mana Anda merasakan suhu dan bau.
“Sebetulnya, mengoleskan balsem di kaki tidak benar-benar membuka saluran udara atau memecah lendir, tetap mentol pada balsem dapat mengelabui otak anak dengan begitu saluran udara terbuka dan anak Anda tidak merasa sesak lagi,” paparnya.

Kemudian, Dokter Anak di New York City Preeti Parikh, MD, menegaskan bahwa kuncinya ialah aroma mentol itu tercium oleh anak Anda.

“Peneliti merekomendasikan untuk memijat dada anak di mana ia dapat dengan jelas mencium aroma mentol tersebut dari jarak yang tetap aman,” ungkapnya.

Pastikan anak Anda tidak main-main dengan balsem tersebut. Sebab, jika tertelan, risiko masalah kesehatan serius bisa terjadi. Satu hal lagi, pengolesan balsem ini hanya bisa dilakukan pada anak di atas 2 tahun. (INT)