Penerapan Lockdown Tak Efektif Menekan Laju Penyebaran Covid-19

0
6
Penerapan lockdown atau karantina wilayah di satu daerah tak efektif untuk menekan laju penyebaran covid-19

Presiden Joko Widodo menyatakan penerapan lockdown atau karantina wilayah di satu daerah tak efektif untuk menekan laju penyebaran covid-19. Menurut Jokowi, lockdown di tingkat kota, kabupaten, maupun provinsi justru mengorbankan kehidupan masyarakat.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam video yang diunggah melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/10) lalu.

“Tidak perlu sok-sokan akan me-lockdown provinsi, me-lockdown kota, atau me-lockdown kabupaten, karena akan mengorbankan kehidupan masyarakat,” ucap Jokowi dikutip, Senin (5/10).

Jokowi menegaskan bahwa upaya pemerintah dalam menangani pandemi covid-19 adalah dengan mencari titik keseimbangan kesehatan masyarakat dengan perekonomian.

Menurutnya, memprioritaskan kesehatan masyarakat tak berarti mengorbankan aspek ekonomi, apalagi jika hal itu berkaitan dengan masyarakat luas.

“Jika kita mengorbankan ekonomi, itu sama dengan mengorbankan kehidupan puluhan juta orang. Ini bukan opsi yang bisa kita ambil. Sekali lagi, kita harus mencari keseimbangan yang pas,” katanya.

Adapun, mantan wali kota Solo itu menekankan pentingnya melihat keberhasilan penanganan pandemi covid-19 dari fakta dan data.

Ia menuturkan, bahwa Indonesia terbilang baik dalam menangani pandemi. Untuk itu, perbandingan yang digunakan juga harus tepat dengan berkaca dari negara-negara yang juga berpenduduk besar.

Menurutnya, tak adil jika Indonesia dibandingkan dengan negara yang penduduknya lebih sedikit.

Dari data 2 Oktober 2020, kata dia, Indonesia berada di posisi 23 dengan kasus positif covid-19 dari semua negara di dunia.

“Saya bisa mengatakan penanganan covid di Indonesia tidak buruk bahkan cukup baik. Maka saya hanya bicara fakta,” tuturnya.Jokowi sebelumnya telah menekankan agar daerah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro/Komunitas. Pembatasan ini dinilai lebih efektif karena hanya diterapkan secara berjenjang, tidak di seluruh daerah.

(IN)

Leave a Reply