Piala Dunia U-20 2021 Batal,  Kemenpora Minta Laporan PSSI

0
5
Ilustrasi Juara Dunia U-20

FIFA resmi membatalkan Piala Dunia U-20 2021 dengan alasan adanya pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum bisa teratasi di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, PSSI segera diminta untuk membuat laporan pertanggung jawaban atas bantuan yang telah diterima dari Kemenpora.

Kemenpora sebelumnya menggelontorkan sebesar 50 miliar untuk persiapan timnas U-19 Indonesia menuju Piala Dunia U-20 2021.

Setelah pembatalan itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali pun mengatakan bahwa pihaknya menunggu pertanggung jawaban anggaran tersebut, karena dana bantuan itu bersumber dari APBN.

Namun, di sini ada yang menjadi sorotan utama karena walaupun Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan, PSSI tetap memberangkatkan timnas U-19 Indonesia ke Spanyol hingga akhir Januari 2021.

“Soal penggunaan anggaran yang kami sudah fasilitasi pada PSSI pada beberapa bulan lalu dan itu sudah digunakan untuk TC. Tapi itu memang cuma sampai dengan 31 Desember 2020,” kata Zainudin Amali saat konferensi pers virtual, Senin (28/12/2020).

Dengan pembatasan penggunaan hingga akhir 2020, tentu saja PSSI sudah tidak dapat memakai uang dari pemerintah untuk TC di Spanyol tersebut.

Oleh karena itu, PSSI diharapkan segera melaporkan pertanggungjawaban terkait anggaran tersebut sebab FIFA telah resmi membatalkan ajang dua tahunan tersebut.

“Setelah itu kami akan lihat penggunaannya seperti apa, apakah 100 persen yang digunakan atau tidak, atau seperti apa itu pasti ada pertanggung jawabannya,” ujar Zainudin.(Ronald)

Leave a Reply