PLTP Patuha 2 Bandung Siap Dibangun, Mampu Suplai 55 MW Listrik

0
46
Proyek PLTP Patuha 2

PT Geo Dipa Energi akan segera memulai proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) tahap kedua di Gunung Patuha, Kabupaten Bandung. Proyek tersebut diproyeksikan mampu menyuplai kebutuhan listrik sebanyak 55 MW.

Hal tersebut diungkapkan kala PT Geo Dipa Energi menyambangi kediaman Bupati Bandung di Soreang. General Manager Proyek PT Geo Dipa Energi Dieng 2 Patuha 2, Supriadinata Marza mengatakan, pihaknya telah mendapat persetujuan pinjaman dana untuk proyek tahap kedua PLTP di Dieng dan Patuha.

Nilai proyek kedua PLTP tersebut sekitar US$300 juta yang diperoleh dari Asian Development Bank (ADB). Rencananya, dana pinjaman tersebut akan ditandatangani segera pada akhir bulan Juni.

“Geo Dipa telah mendapatkan persetujuan pinjaman dari salah satu multinasional tender, Asian Development Bank (ADB), terkait dengan pengembangan PLTP Dieng Unit 2 dan Patuha Unit 2 sebesar US$300 juta dan penandatanganan pendanaan direncanakan pada akhir bulan Juni 2020,” ujar Supradinata seperti dalam rilis yang diterima integritasonline.com, Jumat (19/6/2020).

Supradinata menyampaikan, PLTP di Patuha akan mendapatkan dana lebih besar dibandingkan dengan proyek di Dieng atau sekitar US$ 211.6 juta. Proyek itu sendiri diproyeksikan mampu menyuplai kebutuhan listrik mencapai 55 MW.

“Untuk Proyek PLTP Patuha Unit 2 sendiri direncanakan akan menyumbang sekitar 55 MW dengan nilai project sebesar US$ 211.6 juta,” terang Supradinata.

Selain itu, Supradinata mengatakan, proyek tersebut mampu memberikan dampak ekonomi, baik daerah maupun secara nasional. Karena mengingat kebutuhan akan listrik yang cukup tinggi.

Ia memprediksikan proyek ini mampu memberikan dampak ekonomi pada pertumbuhan domestik sebesar 15 persen.

“Nilai investasi proyek PLTP Patuha Unit 2 dapat diperkirakan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi atau gross domestic product (GDP) sebesar 15% dari total project cost Patuha Unit 2,”

“Geo Dipa ingin maju bersama masyarakat dan membangun ekonomi masyarakatt. Oleh karena itu, Geo Dipa berusaha untuk memenuhi kebutuhan dasar, yaitu listrik,” tambahnya lagi.

Sekadar diketahui, Proyek PLTP Patuha 2 masuk dalam program strategis nasional Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2019-2028. Dengan adanya tambahan pasokan 55 MW diharapkan mampu berdampak pada meningkatnya kegiatan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan tersebut juga berdampak langsung pada terciptanya lapangan kerja baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya beli masyarakat,” pungkasnya.

Meski demikian, Bupati Bandung Dadang M. Naser pun mengingatkan agar PT Geo Dipa Energi tidak melupakan aspek sosial ekonomi dan lingkungan warga sekitar atau lokal Kabupaten Bandung. Ia pun mengharapkan agar proyek tersebut mampu menyerap tenaga kerja dari warga Kabupaten Bandung sendiri. (IRS)

Leave a Reply