Presenter Berita Dengan Kecerdasan Buatan

0
356
Pembaca berita virtual

Presenter berita di seluruh dunia tampaknya harus berhati-hati pasca munculnya pembaca berita virtual yang diperkenalkan Kantor berita negara Cina. Mereka memperkenalkan dua pembawa berita, bukan manusia seperti presenter biasanya, tapi pembaca berita tersebut mengenakan setelan dan suara robot.

Berita ini termasuk paling mutakhir di era serba digital. Mutakhir karena presenter berita itu bukan penyiar “sungguhan”. Inovasi ini merupakan kerjasama antara perusahaan teknologi SOGOU dengan teknologi pengenalan wajah, pemodelan warna dan ucapan sintesis. Mereka membaca teks yang sudah dipersiapkan kantor berita Cina Xinhua dan berita pertama yang menggunakan Bahasa Inggris. Kantor berita Xinhua mengklaim mereka adalah kantor berita pertama di dunia yang memiliki presenter berita yang dapat bekerja 24 jam per hari di situs resmi maupun media sosial. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi biaya produksi berita.

Xinhua News mengklaim, presenter dapat membaca teks secara alami sebagai pembaca berita profesional.

Halo, Anda menonton program berita bahasa Inggris,” kata presenter berbahasa Inggris pada awal laporan pertamanya. “Saya akan bekerja tanpa lelah untuk membuat Anda mendapat informasi karena teks akan diketik ke dalam sistem saya tanpa gangguan,” kata presenter dalam video pengantar.

Presenter dengan kecerdasan buatan ini juga tersedia versi berbahasa Cina dengan wajah yang berbeda. (INT)