Presiden Jokowi Lantik Dian Ediana Rae Sebagai Kepala PPATK

0
38
Dian Ediana Rae PPATK

Presiden Joko Widodo melantik Dian Ediana Rae sebagai Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan ( PPATK) sisa masa jabatan 2020-2021. Dian mengisi jabatan Kepala PPATK yang ditinggalkan Kiagus Ahmad Badaruddin setelah Kiagus meninggal dunia pada 14 Maret lalu. Pelantikan berlangsung pukul 10.00 WIB. Acara diawali pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 37/M Tahun 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat utama di lingkungan PPATK.

Setelah pembacaan Keppres, Jokowi lalu memandu Dian mengucapkan sumpah jabatan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatangan berita acara. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan tamu yang hadir mengucapkan selamat kepada Dian Ediana Rae. Pelantikan ini digelar dengan mengikuti protokol pencegahan Covid-19, yakni menjaga jarak dan menggunakan masker.

Jokowi dan tamu lain juga tak bersalaman langsung dengan Dian saat memberi ucapan selamat. Sebelum menjadi Kepala PPATK, Dian Ediana merupakan Wakil Kepala PPATK yang dilantik untuk masa jabatan periode tahun 2016 hingga 2021.

Sebagian besar perjalanan karirnya dihabiskan di Bank Indonesia. Mulai dari Staf Urusan Luar Negeri Bank Indonesia pada 1988 hingga Direktur Eksekutif/Kepala Departemen Regional 1 (Sumatra) dan Koordinator Departemen Regional pada 2014.

“Saya sudah 30 tahun bekerja di BI, dan telah bekerja di berbagai sektor di BI: sektor moneter, sektor perbankan, sektor manajemen internal,” ujarnya kepada redaksi integritas.

Prestasi Ediana tercatat menjadi salah seorang konseptor dan implementor Global Bond dan Global Sukuk, yang saat ini merupakan salah satu sumber utama pembiayaan fiskal. Pendiri Investor Relation Unit (IRU) yang merupakan infrastruktur penting untuk global bond dan global sukuk.

Pernah menjadi anggota Tim Perumus UU BI, UU Perbankan, UU Perbankan Syariah, UU SBSN. Pernah menjadi negosiator untuk waktu yang lama mewakili Indonesia di bidang trade in services dalam forum WTO, APEC, ASEAN, dan juga untuk forum G20 (issue trade financing).

Dian Ediana Rae akan memimpin PPATK hingga periode tahun 2021, sejumlah agenda strategis PPATK, utamanya saat ini adalah membawa Indonesia sukses melewati proses Mutual Evaluation Review (MER) bersama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait,” tulis keterangan tertulis PPATK kepada redaksi Integritasonline. (IML)

Leave a Reply