Presiden Jokowi Meminta Penyaluran Bansos Berjalan Efektif dan Tepat Sasaran

0
4
Penyaluran Bansos harus efektif dan tepat sasaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyaluran bansos berjalan efektif dan tepat sasaran. Bansos yang dimaksud, seperti program keluarga harapan (PKH) dan bantuan langsung tunai (BLT) desa.

“Pastikan itu diterima oleh masyarakat di desa yang terdampak pandemi dan sangat membutuhkan,” tegas Jokowi dalam rapat terbatas secara virtual, Kamis (24/9).

Selain itu, Jokowi menyatakan implementasi program padat karya tunai di desa juga harus dimonitor secara berkala. Program itu diharapkan dapat menanggulangi kemiskinan di pedesaan.

Setiap desa, sambung Jokowi, juga perlu mengembangkan potensinya masing-masing. Misalnya, sektor pertanian hingga pariwisata.

“Berikan ruang partisipasi ruang kreasi bagi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya,” imbuh Jokowi.

Jokowi menjelaskan pandemi corona bukan hanya menyerang perkotaan, tapi juga pedesaan. Ketika krisis terjadi di perkotaan, maka desa akan menjadi penyangga perekonomian karena banyak masyarakat dari kota pindah ke pedesaan demi bertahan hidup.

“Pandemi bukan hanya menghantam perkotaan tapi juga pedesaan, ketika terjadi krisis di perkotaan, maka desa menjadi penyangga, jadi buffering karena terjadi perpindahan arus penduduk dari kota ke desa, jadi bukan urbanisasi tapi ruralisasi,” ungkap Jokowi dalam rapat terbatas secara virtual, Kamis (24/9). (IK)

Leave a Reply