PSSI Protes Kepada AFF, Terkait Fair Play

0
0
Ketum PSSI dan Shin Tae-yong

PSSI memastikan akan mengirimkan surat protes kepada AFF terkait laga Vietnam vs Thailand yang dituding tak fair play di Piala AFF U-19 2022. Surat dikirim hari ini. Ketua Umum PSSI, Mochamad Irawan, yang menyebut jika keputusan tersebut diambil setelah melakukan rapat selama tiga jam pada, Senin (11/7/2022).

“Yang ingin kami ajukan ke AFF, protes kami adalah berkaitan dengan fair play yang terjadi permainan antara Vietnam dan Thailand yang kita lihat di 10 menit terakhir,” kata Iriawan saat jumpa pers di Plaza Mandiri, Jakarta.

Menurut Iwan Bule, begitu Mochamad Iriawan disapa, kondisi skor 1-1 sangat lah tidak mungkin terjadi apalagi yang bertanding merupakan dua tim besar. Dengan hasil itu, Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski menang besar atas Myanmar dengan skor 5-1.

Vietnam, Thailand, dan Indonesia sama-sama mengumpulkan 11 poin di Grup A Piala AFF U-19 2022. Indonesia kalah head to head hingga harus puas menempati posisi ketiga.

“Sebelum pertandingan mulai saya diskusi dengan Shin Tae-yong di ruangan team meeting. Saya skenariokan kalau ini terjadi 1-1 bagaimana? Shin Tae-yong yakin sekali bahwa Vietnam dan Thailand melakukan ini.”

“Kami tidak menuduh mereka melakukan sesuatu, main sabun-lah atau apa, tapi yang jelas kami lihat jalannya pertandingan kemarin ada waktu yang kira-kira tidak pantas dilakukan dua negara besar dengan dua pemain yang bagus katanya,” Iwan Bule mempertegas.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan protes ke AFF hari ini. Iriawan sendiri menyebut surat masih disiapkan oleh timnya dan akan meminta jawaban dari AFF secepatnya, dengan tembusan ke AFC dan FIFA.

“Surat sedang dikonsep tim legal dan kesekjenan diharapkan hari ini (dikirim), paling telat besok kami akan kirim ke AFF dan pasti tembusan ada ke AFC dan FIFA. Karena FIFA mengetahui juga dan AFC, kami kirim juga bukti rekamannya ke AFC dan FIFA. Kami akan kita serahkan semua 2×45 menit dan 10 menit terakhir yang kita rasa tidak pas,” kata Iriawan.

“Silakan AFF menurunkan tim investigasi ke sini. Itu silakan tetapi yang jelas kami sudah rapat tadi selama 3 jam bersama seluruh perangkat PSSI dan kami memutar rekaman video Vietnam lawan Thailand, memang di babak pertama itu 0-0 dan babak kedua itu jeda hanya 4 menit setengah bisa dibalas Vietnam,” kata Iriawan. (CPK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here