Rapid test Massal Di Puncak, Tekan Penyebaran Covid-19

0
14
Rapid Tes Kawasan Puncak

Kawasan puncak selalu dikunjungi para wisatawan dari Jakarta sehingga macet dimana-mana, padahal kondisi saat ini sedang pandemic covid-19 oleh karena itu gugus tugas percepatan penanggulangan covid-19 Jabar melakukan, Rapid test massal berlangsung di kawasan Puncak. Berdasarkan hasil rapid test di empat lokasi, tercatat sementara ada 32 orang yang reaktif.

Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Siska Gerfianti mengatakan 32 orang asal Jakarta itu menjalani pemeriksaan bersama 1.106 orang lainnya.

“Ada 32 yang reaktif ini masih kita baca nanti di Labkesda Jawa Barat. Tapi sudah dipulangkan kembali,” kata Siska dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/6/2020).

Hasil Labkesda Jabar itu akan dikirimkan ke alamat masing-masing 32 orang reaktif tersebut. Rapid test yang digelar itu, kata dia, dikhususkan kepada warga pelaku perjalanan yang masuk ke Jawa Barat, khususnya kawasan Puncak.

“Tujuannya supaya kita tahu, random sampling. Karena lihat di minggu lalu (akhir pekan), itu di beberapa tempat khususnya di Puncak terjadi peningkatan kepadatan pengunjung. Sehingga Pemprov Jabar mengkhawatirkan hal itu. Sehingga kita hari ini mengadakan rapid test, untuk melihat seberapa persen reaktif dari rapid test,” tuturnya.

Selain rapid test massal di kawasan Puncak Kabupaten Bogor serta Puncak Pass di Kabupaten Cianjur, Pemprov Jabar akan menggelar rapid test di stasiun kereta api yang menghubungkan Jabar dan Jakarta. Hal tersebut mengingat berbagai aktivitas di Jakarta seperti perkantoran, mal dan pusat perekonomian sudah berjalan dan menyebabkan adanya peningkatan pergerakan masyarakat.

Rapid test yang menyasar warga yang tengah perjalanan ke Puncak, khususnya yang datang dari Jakarta. Lokasi rapid test ini berlangsung di empat lokasi yakni rest area Seger Alam Puncak Pass (Cianjur), rest area Gunung Mas, Masjid Attaawun dan Masjid Harakatul Jannah Gadok Kabupaten Bogor. Pemprov Jabar menyiapkan 2.000 tes kit COVID-19 saat rapid test tersebut. Selain itu juga dilakukan swab test dengan mobil fastlab. (CPK)

Leave a Reply