Reshuffle Kabinet, Nama Besar Tergusur

0
6
Presiden Jokowi Memimpin Sidang Kabinet

Kabar reshuffle kabinet makin kuat berembus setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah pejabat ke Istana.

Ada nama besar yang diisukan akan tergusur  dalam proses perombakan kabinet atau reshuffle. Isu ini makin menguat dengan datangnya sejumlah pejabat ke Istana Kepresidenan.

Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo mendengar soal rencana reshuffle ini. Dradjad mengatakan 15 Juni diperkirakan menjadi tanggal pilihan Jokowi me-reshuffle kabinet lantaran jatuh pada Rabu Pahing. Sekadar diketahui, Jokowi memang terbiasa melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon atau Pahing.

“Memang akhir-akhir ini di kalangan elite politik beredar spekulasi bahwa Rabu, 15 Juni ini, Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet,” kata Dradjad kepada wartawan, Selasa (14/6/2022).

Sejauh ini, sudah ada beberapa pejabat yang datang ke Istana. Mereka adalah Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri ATR Sofyan Djalil dan Surya Tjandra.

Sementara itu, pemanggilan Prabowo ke Istana dikabarkan tidak terkait dengan posisi Menhan. Isu yang santer beredar, pemanggilan Prabowo ini terkait dengan Gerindra yang bakal mendapat tambahan kursi di Kabinet Indonesia Maju.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Hadi Tjahjanto disebut-sebut bakal mengisi pos Kementerian ATR/BPN atau Kementerian Perhubungan. Dua pos tersebut dikabarkan bakal diisi oleh Hadi ataupun perwakilan PAN, yaitu Ketua Umum Zulkifli Hasan. Politikus di kalangan partai pendukung Presiden Jokowi mendengar kabar reshuffle kabinet yang melibatkan lima pos kementerian. (CPK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here