Retno Marsudi : 4 WNI Positif Corona, Semuanya di Luar Negeri

0
94
4 WNI Positof Virus Conana

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan 3 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang positip Corona. Itu menambah total WNI yang terjangkit virus mematikan tersebut menjadi 4 orang.

Retno mengatakan 3 dari 78 orang awak kapal pesiar yang berada di Jepang terkonfirmasi virus Corona. Fakta tersebut diketahui setelah mereka dikarantina selama beberapa hari di kapal pesiar tersebut bersama ribuan orang lainnya. Total ada 446 orang di kapal pesiar itu yang dinyatakan positif.

“Diperoleh informasi bahwa 3 dari 78 kru WNI dinyatakan confirmed. Nah, 3 WNI tersebut adalah dari total 446 per saat ini yang dinyatakan confirmed,” ujar Retno di kantor Kemlu, Jalan Taman Pejambon, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Dua dari tiga orang yang positif tersebut dibawa ke rumah sakit di kota Chiba, Jepang. Satu sisanya belum diketahui dievakuasi ke mana.

Retno juga mengatakan pemerintah lewat KBRI Jepang terus berkoordinasi dengan 75 WNI lainnya di kapal tersebut. Pemerintah juga sudah memberi kabar kepada keluarga 3 orang yang positif.

Kasus virus positif Corona yang menjangkit WNI pertama kali terjadi di Singapura. Seorang pembantu rumah tangga asal Indonesia tertular virus Corona dari majikannya di Singapura. Virus tersebut diduga dibawa oleh rombongan turis dari China yang mengunjungi Negeri Singa.

Hal ini menjadi perhatian pemerintah. Presiden Jokowi menyebut pasien Corona di Singapura itu ditangani terlebih dulu oleh pemerintah setempat. KBRI Singapura juga terus berkoordinasi.

“Bahwa ada satu WNI kita di Singapura masih ditangani oleh Singapura dan tentu saja didampingi oleh KBRI,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020). (CPK)

Leave a Reply