Setnov, Pelesiran Berakhir di Lapas Gunung Sindur

0
200
Setnov Lapas

Setnov kembali berulah Narapidana kasus megaproyek e-KTP. Mantan Ketua DPR RI itu kepergok sedang pelesiran di sebuah toko bangunan.

Namun, bukan kali pertama saja Setya Novanto berulah. Sebelumnya, Setnov juga pernah berpelesir dan mendapatkan beberapa fasilitas istimewa selama mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin.

Setnov pernah berpelesir saat masih menjalani masa vonis 15 tahun penjara. Aksi pelesiran Setnov ini terungkap dalam fakta baru sidang kasus suap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen. Cerita pelesiran Setnov diungkap oleh Wahid saat persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung.

Pelesiran Setnov bukan hanya sekali ini saja diketahui namun sudah berkali-kali terjadi, hal ini diindikasinya karena adanya kerjasama dengan orang dalam lapas itu sendiri. Setnov juga pernah terungkap menggunakan sel palsu di Lapas Sukamiskin. Peristiwa ini terungkap pada bulan Juli 2018, ketika wartawan Najwa Shihab ikut dalam inspeksi mendadak (sidak) dan menemukan kejanggalan saat mendatangi sel nomor 29 Blok Timur yang ditempati Setnov. Begitu masuk ke dalam sel Setnov, terlihat kamar yang tertata rapi, kecil dan tampak sederhana.

Najwa mengaku tak percaya sel itu dihuni Setnov, karena ada parfum perempuan dan ruangan yang diyakini tak sesuai dengan profil Setnov. Bahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly senada dengan Najwa.

Yasonna pernah menyampaikan sel yang didatangi Najwa memang bukan sel Setnov. Selain itu, sel Nazaruddin juga disebut Yasonna bukanlah yang sebenarnya.

“Itu bukan sel Nazaruddin dan sel Setya Novanto,” kata Yasonna kepada redaksi beberapa waktu lalu.

Buntut dari pelesiran di toko bangunan, akhirnya Eks Ketua DPR RI itu dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Diketahui Lapas Gunung Sindur merupakan lapas yang dikhususkan untuk para narapidana teroris. Setnov dipindahkan menggunakan mobil ambulans.

Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Liberti Sitinjak mengatakan Di Gunung Sindur, eks Ketua DPR RI itu akan menempati sel dengan pengamanan super maximum security. Nantinya, penanganan terhadap Setnov bakal berbeda dengan penanganan saat di Lapas Sukamis

“Dipindah ke salah satu yang super maximum security. Kalau di Sukamiskin ini pembinaanya berjalan seperti biasanya, pagi buka pintu, sore tutup pintu. Di Sukamiskin kalau matahari terbit, kita buka pintunya di sana tidak seperti itu, tergantung SOP di sana,” ucap Liberti. (INT)

Leave a Reply