Terbukti WN USA Bupati Terpilih Orient Riwu Kore Akan Dibatalkan

0
4
Bupati Terpilih Orient Riwu Kore

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), menilai perbuatan yang dilakukan oleh bupati terpilih kabupaten itu, Orient Riwu Kore, sebagai pembohongan publik.

“Ada pembohongan publik yang dilakukan oleh Bupati terpilih Sabu Raijua,” kata Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yugi Tagi Huma saat dihubungi dari Kupang, Rabu (3/2/2021).

Hal ini dikatakannya berkaitan dengan sudah adanya konfirmasi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta yang menyatakan Orient Riwu Kore masih berstatus warga negara AS.

Menurut Yugi, apa yang dilakukan oleh Orient Riwu Kore bisa dikatakan mencederai proses demokrasi di Negara Republik Indonesia (NKRI) dan bisa saja merusak tatanan sistem perpolitikan di Indonesia juga.

Yugi mengatakan sejak awal pihaknya memang mencurigai hal tersebut. Selama masa pilkada, bahkan sampai pada masa sebelum penetapan, pihaknya justru sudah mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sabu Raijua untuk menelusuri lagi kewarganegaraan Orient.

Sementara itu Direktur Integritas Studies Center (ISC) Hendrik Sinaga menyampaikan kasus Orient Riwu Kore yang terpilih sebagai bupati memiliki kewarganeraan ganda mencerminkan kelemahan Administrasi dan otomatis kemenagannya Orient Riwu Kore akan di diskualifikasi atau dibatalkan.

“Terpilihnya Orient Riwu Kore sebagai Bupati dengan sendirinya akan dibatalkan Komisi Pemilihan Umum karena ditemukan cacat administrasi karena kita tidak mengenal dua kewarganeraan” Ujar Hendrik kepada redakasi, Rabu (3/2/2021).

Namun kasus ini menjadi catatan dan koreksi seluruh pihak seperti KPU/KPUD, pemda dan Kementrian Dalam Negeri terkait akurasi pendataan penduduk seluruh di Indonesia. (IRS)

Leave a Reply