TNI Akan Membangun Laboratorium Vaksin di Pulau Galang

0
8
Tentara Nasional Indonesia (TNI) berencana membangun laboratorium vaksin di Pulau Galang, Kepulauan Riau

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan membangun laboratorium vaksin di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Rencana ini menjadi target jangka panjang. Khususnya menunjang wacana pembentukan satuan anti-serangan biologi di masing-masing matra TNI.

“Terkait laboratorium ini masih dalam tahap perencanaan,” kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Selasa, 10 November 2020.

Wiku mengatakan laboratorium yang akan dibangun fokus meneliti virus di masa mendatang. Laboratorium tersebut rencananya berstandar biosafety level tiga dan empat.

Pemilihan Pulau Galang sebagai lokasi pendirian laboratorium tak lepas dari keberadaan Rumah Sakit Infeksi (RSI) yang digunakan untuk isolasi pasien covid-19. RSI dilengkapi dengan ruang observasi yang bisa menampung 500 ranjang.

Sementara itu, ada ruang observasi di sana yang dibangun menyerupai barak. Satu barak terdiri atas enam hingga delapan tempat tidur.

Selain ruang observasi, terdapat juga ruang isolasi yang dibangun untuk 50 orang dan 30 kamar intensive care unit (ICU). Kemudian, terdapat 20 kamar non-ICU dengan peralatan sesuai standar.

Ada juga hunian untuk dokter, paramedik, serta sarana umum seperti dapur dan tempat cuci. Sebelumnya, bangunan ini merupakan tempat penampungan pengungsi Vietnam yang dipakai sejak 1979 hingga 1996.

(IN)

Leave a Reply