Tol Cipali Ambles, Logistik ke Jakarta Terganggu

0
7
Jalan Tol Cipali Km 122 Arah Jakarta Ambles dan Retak.

Amblesnya Tol Cikampek – Palimanan (Cipali) di ruas KM 122 pagi ini akan membuat logistik ke Jakarta dan sekitarnya terganggu. Perbaikannya membutuhkan waktu 2 minggu ke depan.

 

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Masita mengatakan dampak yang akan ditimbulkan dari kerusakan akses jalan Cipali arah Jakarta di Ruas KM 122 akan sangat parah. Satu-satunya jalan bebas hambatan yang menghubungkan Jawa Barat ke Jawa Tengah adalah tol Cipali.
“Dampaknya sangat parah. Karena akses Pantura juga sedang tertutup karena Banjir. Dan satu-satunya jalan yang menghubungkan Jawa Barat ke Jawa Tengah adalah tol Cipali dan ternyata 1 jalur tol Cipali ambles,” katanya, Selasa (9/1/2021).
Menurut Zaldy macet parah yang terjadi di tol Cipali ini akan mengganggu distribusi barang di Jawa. Pasalnya semua komoditas barang bisa terganggu karena pergerakan logistic di jawa 90% menggunakan angkutan truk.
“Kalau pantura tidak banjir sih masih aman, tidak perlu lewat tol Cipali,” katanya. Sementara kerugian yang ditimbulkan setiap harinya bisa mencapai miliaran dengan akses yang terputus.
Bila hal ini tidak segera diselesaikan pemerintah, maka arus barang di Jawa bisa lumpuh. Karena jalur kereta api juga sedang terputus di Semarang karena stasiun dan rel kereta api terkena banjir.

 

(IN)

Leave a Reply