Tol Gedebage – Cilacap Sepanjang 206,65 KM Segera Dibangun

0
6
jalan tol Gedebage-Cilacap dimulai dari titik Gedebage menuju Tasikmalaya sepanjang 96,2 km, selanjutnya dari Tasikmalaya terus melewati Banjarsari menuju Cilacap sepanjang 111 km.

Jalan tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap bakal dibangun pada tahun ini. Tol yang menjadi salah satu proyek prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini memiliki panjang 206,65 km, sehingga akan menjadi tol yang memiliki ruas terpanjang di Indonesia.

Tol ini akan dibangun oleh konsorsium yang dipimpin oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), bersama PT Daya Mulia Turangga-PT Sarana-PT Gama Group, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP), PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

Mengutip data dari Simpul KBPU Kementerian PUPR, jalan tol ini dimulai dari titik Gedebage menuju Tasikmalaya sepanjang 96,2 km, selanjutnya dari Tasikmalaya terus melewati Banjarsari menuju Cilacap sepanjang 111 km.

Nantinya tol yang menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah ini akan dibangun dengan biaya investasi megah mencapai Rp 56 triliun.

Adapun pembangunan tol ini akan dilakukan melalui beberapa tahap. Anggota BPJT Unsur Profesi, Koentjahjo Pamboedi mengatakan ruas Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap pada tahap konstruksi dan operasi dibagi menjadi 2 bagian, yakni Tahap 1 untuk ruas Gedebage – Tasikmalaya, dan konstruksinya dilakukan pada tahun 2022 sampai selesai 2024.

Kemudian Tahap 2 selanjutnya dari ruas Tol Tasikmalaya – Cilacap pada tahun 2027 diperkirakan selesai tahun 2029 dan nantinya terdapat jeda pengoperasian sekitar 3 tahun.

“Dengan adanya jeda schedule konstruksi tersebut sehingga financial close untuk investasi ruas Tol ini dapat dilakukan 2 kali yakni kebutuhan ruas Gedebage – Tasikmalaya terlebih dahulu kemudian Tasikmalaya – Cilacap,” ujar Koentjahjo, dalam keterangan, Kamis (6/1/2022) kemarin.

Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap nantinya memiliki 10 Simpang Susun (SS), yakni SS Majalaya, SS Nagreg, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap.

Mengutip data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jika dilihat dari tol yang sudah beroperasi saat ini, tol Terbanggi Besar – Kayu Agung yang menjadi bagian dari tol Trans Sumatra masih menjadi yang terpanjang. Tol yang diresmikan pada 14 November 2019 lalu ini memiliki panjang mencapai 189,40 kilometer.

Sementara posisi kedua tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140 km, dan selanjutnya ditempati oleh Pekanbaru – Dumai sepanjang 131 km. Sementara tol di pulau Jawa, seperti Cikampek – Palimanan (Cipali) yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa memiliki panjang 116,75 km.

(IN)

Leave a Reply