Tren Pertumbuhan Properti 2019 Masih Rendah, Pelaku Usaha Harus Jeli

0
339
Pertumbuhan sektor properti di 2019 tidak akan lebih besar dari 10%

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai pertumbuhan properti pada tahun depan masih rendah. Untuk itu disarankan pelaku usaha dapat melihat secara jeli peluang pasar yang ada di 2019.

“Tren pertumbuhan properti masih rendah. Pelaku usaha diharap bisa melihat secara jeli peluang pasar yang ada,” ujar Ketua Apindo Bidang Properti dan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar, dalam Diskusi Outlook Apindo 2019, Rabu (5/12/2018).

Di sisi lain, Sekretaris Umum Apindo Eddy Hussy menyatakan, bahwa pertumbuhan sektor properti di 2019 tidak akan lebih besar dari 10%. “Pertumbuhannya 10% belakangan ini, diprediksi tahun 2019 tidak akan lebih besar dari tahun ini,” ujarnya.

Meskipun demikian, sektor properti akan tetap jalan dan diharapkan pemerintah bisa mendorong industri properti di pusat ataupun daerah dalam hal perizinan. Seperti diketahui, perizinan pemerintah pusat dan daerah masih sering terjadi ketidaksinkronan misalnya pada implementasi program Online Single Submission (OSS).

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, sudah pasti akan menyulitkan Indonesia menarik investasi baru dari dalam maupun luar negeri. Hasil positif dari kerja sama ekonomi internasional pun tidak akan terwujud.

Selain hal perizinan, pemerintah diharapkan mendorong BUMN untuk masuk ke sektor bahan baku. Selama ini kebanyakan bahan baku didapatkan dari luar negeri (impor), jika dapat lebih banyak memproduksi sendiri tentu akan memperkuat perekonomian Indonesia. (INT)

Leave a Reply