LRT Tabrakan Saat Uji Coba

0
4

LRT Jabodebek yang diproduksi INKA mengalami kecelakaan pada Senin, 25 Oktober 2021. Insiden itu menimpa  train set atau rangkaian kereta LRT nomor 29 di antara Stasiun Harjamukti Cibubur-Ciracas. Uji coba itu dinyatakan gagal padahal LRT direncanakan beroperasi pada pertengahan 2022.

Peristiwa bermula saat trainset 29 melakukan langsir. Kereta akan dipindah dari jalur LRT Ciracas ke Stasiun Harjamukti. Dalam proses pemindahan itu, masinis diduga mengendalikan kereta dengan kecepatan di atas standar sehingga menabrak train set nomor 20 yang terparkir di Harjamukti.

Diduga ada dua faktor yang disinyalir menjadi penyebab kecelakaan. Keduanya merupakan faktor yang berasal dari sarana. Sebab ini terjadi saat uji coba dan belum ada integrasi dengan infrastruktur (prasarana), seperti persinyalan, wesel, dan lain-lain.

Yang pasti hingga saat ini, LRT masih dalam tahap uji coba alias belum beroperasi untuk umum.

Seperti diketahui, proyek pembangunan light rail transit atau LRT Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) sudah dimulai sejak September 2015.

LRT juga termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional dengan nilai investasi proyek sebesar Rp 23,3 triliun.

Harapannya, LRT akan  menjadi salah satu moda transportasi massal yang memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang serta lantaran bisa terhindar dari kemacetan. Adapun, LRT Jabodebek bisa beroperasi pada pertengahan 2022.

Leave a Reply