Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Murka Tes SWAB Warganya Batal

0
25
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sangat kecewa gegara mengetahui 2 mobil  laboratorium polymerase chain reaction (PCR), yang rencananya akan melakukan tes swab terhadap 200 warga Tanah Kali Kedinding, namun ternyata dialihkan ke daerah lain oleh Gugus Tugas Jatim.

Dua unit mobil itu hari ini dialihkan ke Tulungagung dan Lamongan. menurut Risma, bantuan dari BNPB pusat itu diprioritaskan untuk Surabaya. Namun, lantaran dialihkan ke daerah lain, Pemkot harus membatalkan tes swab ratusan orang.

Risma sudah melaporkan kejadian tersebut ke Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Doni pun berjanji mengecek keberadaan mobil tersebut karena memang dua mobil bantuan itu diprioritaskan untuk Kota Surabaya.

“Teman-teman lihat sendiri kan, ini bukti permohonan saya dengan Pak Doni, jadi ini saya sendiri yang memohon kepada beliau. Kasihan pasien-pasien yang sudah menunggu,” kata Risma sambil menunjukkan chat dengan Doni di dapur umum, halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (29/5/2020).

Risma tak dapat menyembunyikan kegeramannya setelah tahu mobil PCR itu dibawa ke daerah lain di Jatim. Dalam kesempatan itu, Risma tampak menelepon salah seseorang pejabat Pemprov Jatim sambil marah-marah. Ia ingin memastikan langsung mengenai kabar mobil laboratorium yang dialihkan ke daerah lain di Jatim tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rahmanita menjelaskan pasien yang diperiksa adalah ODP, PDP, kemudian pasien yang akan swab ulang.

“Betul, rencananya ada melakukan tes di Gelora Pancasila, ada Manukan, ada yang di Rungkut. Jadi titik-titiknya sudah kami siapkan untuk lima hari ke depan.  Karena kapasitasnya (mobil lab swab) itu bisa 200, maka setiap titik itu kami siapkan 200 orang,” Ujar kadinkes di Taman Surya, Jumat (29/5/2020).

” Seperti warga di sola mereka begitu antusias sekali datang untuk pemeriksaan swab karena gratis, tapi malah mobilnya tidak datang ” ungkap Febria. (CPK)

Leave a Reply