Sirkuit Mandalika Mendapat Pujian FIM dan Dorna Sport

0
8
Sirkuit Mandalika Mendapat Pujian FIM dan Dorna Sport

Pembangunan Sirkuit Mandalika terus dikebut untuk menyambut gelaran MotoGP dan World Superbike. Hingga kini progres pembangunan sudah mencapai 70%.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang meninjau langsung kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang sedang mengerjakan pengaspalan lapisan pertama (AC Base) di beberapa ruas lintasan. Walaupun masih ada PR untuk melakukan pengaspalan lapisan kedua (AC Binder) hingga lapisan akhir (surface SMA).

“Pengerjaan lintasan sirkuit dilakukan secara cermat, teliti, dan berstandar tinggi. Tak heran jika pihak FIM dan Dorna Sports memuji saat melihat langsung keindahan kawasan Sirkuit Mandalika,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021).

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menjelaskan panjang lintasan Sirkuit Mandalika mencapai 4,31 km, memiliki 17 tikungan. Paddock area sirkuit sanggup menaungi 40 garasi. Kapasitas grandstand seating mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk, sementara non-seated area (tribun berdiri) sanggup menampung 138.000 orang.

“Penonton juga bisa menyaksikan balapan dari hospitality suites yang direncanakan berkapasitas 7.700 penonton. Seluruhnya dikerjakan dengan sangat serius dan penuh ketelitian. Demi memberikan kenyamanan dan pengalaman berkesan bagi pembalap, crew, hingga turis yang datang ke Lombok,” jelas Bamsoet.

Ketum IMI optimis pembangunan kawasan Sirkuit Mandalika selesai pada kuartal II hingga III 2021. Serta bisa segera lulus homologasi dari FIM pada bulan Juni atau Juli 2021.

“Agar lulus homologasi, ada beberapa aspek teknis yang akan dinilai. Antara lain trek sirkuit, pit and paddock, race control, rumah sakit khusus beserta tenaga dokter, tenaga marshal terlatih, dan masih banyak lagi. IMI akan membantu sepenuhnya, khususnya dalam pelatihan marshal,” Tutup Bamsoet. (IRS)

Leave a Reply