5 Tanda Usus Kotor Yang Membahayakan Kesehatan

0
26

Sebagai salah satu organ pencernaan yang utama, usus perlu dijaga kesehatan dan juga kebersihannya. Usus yang kotor, berisiko memicu berbagai penyakit, bahkan tak hanya yang berhubungan dengan pencernaan.

Sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, bisa memupuk sehingga membuat usus kotor. Maka dari itu, penting mengetahui tanda usus kotor sedini mungkin. Lantas, seperti apa tanda usus yang kotor ?

Berikut tanda usus kotor yang membahayakan kesehatan dan harus diwaspadai :

1. Susah Buang Air Besar (Sembelit)

Apabila Anda mengalami sembelit, ini menandakan bahwa usus Anda penuh dengan sisa-sisa makanan. Makanan yang tidak sehat, stres, serta sering mengonsumsi obat-obatan dapat mengakibatkan usus tidak memproduksi banyak lendir.

Padahal, lendir ini berfungsi untuk melancarkan saluran di dalam usus agar sampah-sampah makan tersebut mudah dikeluarkan dari perut.

2. Mudah Lelah

Racun akibat sisa-sisa makanan yang membuat usus kotor, ternyata dapat masuk ke dalam darah melalui saluran limfa. Kondisi tersebut membuat tubuh mudah lelah, tidak bersemangat, sistem kekebalan tubuh menurun, hingga berisiko mengalami penyakit infeksi.

3. Merasa Nyeri Dan Sakit Di Berbagai Bagian Tubuh

Bukan hanya sakit perut saja, nyeri yang timbul akibat usus kotor dapat termasuk sakit kepala, nyeri tulang belakang, dan nyeri yang menjalar dari punggung hingga tubuh bagian bawah, seperti paha, betis, serta tumit.

Biasanya rasa sakit ini timbul akibat infeksi jamur yang muncul karena pencernaan yang kotor.

4. Bau Mulut

Bau mulut merupakan ciri-ciri usus kotor yang paling umum terjadi. Makanan sisa yang menumpuk tersebut mengeluarkan gas yang berbau kurang sedap. Bau gas tersebut bisa membuat napas Anda menjadi berbau tidak enak.

5. Mudah Lapar

Ketika usus kotor, hormon pengatur rasa lapar menjadi tidak seimbang. Sehingga tubuh akan mengirimkan sinyal lapar, dan berkeinginan makan sulit dikendalikan. Hal ini bisa memicu kenaikan berat badan dan membuat perut lebih buncit.

Segera lakukan detoksifikasi agar sistem pencernaan kembali berfungsi dengan baik.

Semoga bermanfaat !

IND

Leave a Reply