Canggih Produk Israel Dipakai Polri, Bisa Sedot Data

0
6
perangkat cellebrite buatan Israel

Kepolisian dilaporkan memakai perangkat bernama Cellebrite untuk mengekstraksi data dari gadget. Alat tersebut nama lengkapnya adalah Cellebrite UFED Touch, yang bisa menyedot data dari ponsel, meski data itu sudah terhapus sebelumnya.

Perangkat ini sudah pernah dipamerkan Polri pada tahun 2019 dalam perayaan HUT ke-73 Bhayangkara di lapangan Makodam V/Brawijaya, Surabaya.

Sesuai namanya, alat yang dilengkapi layar sentuh ini ini adalah produk dari perusahaan Cellebrite. UFED adalah kependekan dari Universal Forensic Extraction Device atau Alat Ekstraksi Forensik Universal. Cellebrite UFED Touch sudah dirilis sejak 2012.

Cellebrite adalah perusahaan asal Israel yang didirikan pada tahun 1999 atau 22 tahun silam. Namun demikian sejak tahun 2007 Cellebrite berada di bawah perusahaan asal Jepang, Sun Corporation, yang merupakan pemegang saham terbesarnya.

Cellebrite UFED menjadi andalah aparat hukum dan intelijen di berbagai belahan dunia, termasuk FBI. Sebab, alat ini punya kemampuan tinggi sebagai peranti investigasi pembaca sandi. Pangsa pasarnya memang para penegak hukum, militer, intelijen, perusahaan keamanan, dan industri pencari informasi. (IRS)

 

Leave a Reply