Cara Aman dan Selamat Bersepeda di Jalan Raya

0
429
Patuhi rambu lalu lintas demi keselamatan dan keamanan

Pastikan Sepeda Berada Dalam Kondisi Prima

Merawat sepeda adalah keharusan yang tidak dapat diganggu gugat. Tips bersepeda yang paling umum adalah merawat sepeda. Tetapi merawat sepeda seperti apa yang harus dilakukan? Pastikan sepeda Anda selalu bersih bebas dari kotoran yang mungkin ada dari penggunaan sebelumnya. Rantai Anda harus selalu bebas dari penumpukan kotoran. Untuk itu bersihkan rantai Anda secara berkala dan aplikasikan pelumas lagi. Rem juga perlu diganti secara berkala untuk memastikan Anda dapat bermanuver dengan baik di jalanan. Tidak sampai disana, perawatan profesional juga dibutuhkan untuk memastikan Anda tetap berada di jalanan dengan mulus.

  1. Gunakan Perlengkapan yang Sesuai

Helm, jersey, gloves, pelindung lutut dan siku serta beberapa kebutuhan tambahan, seperti tas dan juga botol minum merupakan barang yang dibutuhkan saat bersepeda. Pastikan juga Anda menggunakan barang yang sesuai dengan medan. Gunakan helm road bike saat mengendarai road bike dan bukannya menggunakan helm MTB. Pastikan juga setiap perlengkapan sepeda yang Anda bawa saling kompatibel antara satu item dengan yang lainnya. Jas hujan serta smartphone cover untuk berkendara di saat hujan juga merupakan salah satu aspek penting yang perlu Anda siapkan, riders.

  1. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Ini adalah salah satu aspek yang sering dilanggar oleh para bikers karena merasa bahwa sepeda bukan salah satu kendaraan bermotor yang perlu mengikuti aturan lalu lintas. Tips bersepeda dari Rodalink menganjurkan para riders seperti Anda untuk mempelajari rambu lalu lintas dan marka jalan seperti yang digunakan oleh para pengguna kendaraan bermotor. Jangan menyalip, karena menyalip akan membawa resiko kecelakaan lalu lintas yang lebih besar bagi Anda. Menggunakan trotoar dan juga bahu jalan yang tidak seharusnya digunakan juga merupakan tindakan yang harus riders hindari. Semua itu untuk kenyamanan dan tentunya keamanan Anda saat berkendara.

  1. Gunakan Isyarat Tangan

Tanpa lampu penanda untuk berbelok, riders akan kesulitan memberikan tanda kepada kendaraan yang berada di belakangnya. Untuk itu isyarat tangan dapat Anda gunakan saat bersepeda. Saat ingin berbelok ke kiri ataupun pindah jalur, pastikan Anda mengangkat tangan kiri Anda setinggi bahu untuk memberikan aba-aba ingin berbelok. Pelajari juga berbagai isyarat lain dari tips bersepeda lain untuk membantu riders bermanuver di jalan raya.

  1. Pastikan Anda Selalu Terlihat oleh Pengendara Lain

Menggunakan warna yang cerah dan juga permukaan reflektif merupakan salah satu tips bersepeda yang penting. Mengapa? Karena warna cerah dan permukaan reflektif pada sepeda akan membantu Anda tetap terlihat dengan baik di jalan raya terutama saat malam hari maupun cuaca berkabut. Gunakan juga lampu depan dan belakang untuk memastikan pengendara lain selalu melihat Anda.