Mengapa Berkebun Menjadi Hiburan yang Menyenangkan dan Bermanfaat?

0
13
Ilustrasi berkebun

Banyak orang menganggap berkebun membosankan, memakan waktu, dan rumit. Namun kenyataannya, berkebun adalah hiburan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mempercantik ruangan di sekitarnya.

Melansir dari laman theodysseyonline, berikut adalah tujuh alasan mengapa harus mempertimbangkan berkebun sebagai hobi baru Anda.

1. Terapi gratis

Anda dapat melampiaskan amarah dengan menghancurkan tanah, dan beristirahat dengan senang dengan kehadiran tanaman. Ini adalah aktivitas yang sempurna untuk orang-orang yang perlu membangkitkan semangat mereka atau hanya ingin membuat suaka alam sendiri.

2. Baik untuk kesehatan

Meskipun berkebun bukanlah aktivitas yang intens, ini akan memberi Anda kesempatan untuk keluar dan sedikit berkeringat dengan mencoba bercocok tanam di sekitar rumah.

3. Mempercantik ruang

Tidak ada yang bisa menandingi pesona bunga, atau daun hijau yang menggembirakan dari tanaman yang tumbuh subur. Berkebun bisa dilakukan di mana saja, sangat cocok untuk melakukan ini di sela-sela waktu luang Anda untuk berkebun.

4. Menghemat uang

Harga yang sama untuk membeli tomat, Anda dapat membeli sebungkus benih dan menanam lusinan tomat di sekitar rumah. Sungguh bahagia betapa banyak buah atau sayuran yang dapat dihasilkan dari tanaman sendiri. Faktanya, ini adalah laba atas investasi terbaik yang dapat dipertimbangkan.

5. Baik untuk lingkungan

Tentu saja, semakin banyak tanaman, semakin banyak gas rumah kaca yang dapat kita hilangkan dari atmosfer.

Selain itu, semakin sedikit pula kita bergantung pada produk luar negeri, semakin sedikit bahan bakar fosil yang kita konsumsi. Dunia akan lebih baik jika lebih banyak orang mengandalkan kebun mereka sendiri untuk menghasilkan.

6. Menghilangkan bosan

Selalu ada hal baru untuk dilakukan di taman. Setiap waktu kamu dapat menanam benih, menyiangi, menyiram, memupuk, dan memanen kapan saja Anda mau.

Bahkan dapat mengembangkan aktivitas seperti pemuliaan tanaman atau kompetisi. Tumbuh-tumbuhan segar hijau dapat menjadi penenang di kala bosan datang.

7. Mengasah kreativitas

Tentu, perawatan tanaman berakar pada sains, tetapi ada banyak cara untuk menjadikannya sebuah seni. Buat taman yang sederhana saja dan dekorlah.

Bisa juga tanam kanopi dari bunga matahari. Bermainlah dengan kombinasi bentuk dan warna yang tak terbatas untuk menghasilkan hal yang menakjubkan, karangan bunga yang indah, dan kreasi kuliner.

(IN)

Leave a Reply