Olimpiade Tokyo Selesai, Perjuangan Menanti di Olimpiade Paris 2024

0
19
Penutupan Olimpiade Tokyo 2020

Berakhir sudah ajang olahraga terbesar tahun ini, Olimpiade Tokyo 2020. Terima Kasih Tokyo telah begitu luar biasa menjadi tuan rumah Olimpiade di tengah pandemi ini. Tidak mudah menjalani ini semua dengan pro dan kontra mengenai keberlangsungan Olimpiade ini.

Amerika Serikat keluar sebagai negara terbaik dalam peraihan medali di Olimpiade Tokyo 2020. Negeri Paman Sam ini berhasil meraih 39 emas, 41 perak dan 33 perunggu. Negara China menempati posisi kedua dengan 38 medali emas, 32 medali perak dan 18 medali perunggu. Sedangkan posisi ketiga diduduki oleh tuan rumah, yakni Jepang, dengan total 58 medali dengan perincian 27 medali emas, 14 medali perak dan 17 medali perunggu.

Sementara itu, Indonesia menduduki posisi ke 55 dengan meraih 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu, dan menduduki posisi ke-47 dari segi jumlah medali yang diperoleh. Peringkat Indonesia menurun dibandingkan Olimpiade Rio 2016.

Penutupan Olimpiade Tokyo 2020 telah berlangsung tadi malam, tanggal 8 Agustus 2021 di National Stadium. Upacara penutupan Olimpiade Tokyo 2020 ini dibuka dengan pertunjukan kembang api yang sederhana. Dilanjutkan dengan parade para atlet yang membawa bendera negaranya masing-masing. Namun, tidak ada wakil Indonesia di sana. Kontingen Garuda seluruhnya sudah meninggalkan Jepang dan kembali ke Tanah Air. Bendera Merah Putih pun dibawa sukarelawan.

Berlangsung pula penyerahan bendera Olimpiade kepada Paris yang sudah dinobatkan menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 mendatang. Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach menjadi perantara antara Gubernur Tokyo dan Wali Kota Paris untuk penyerahan tongkat estafet Olimpiade. Penyerahan ini pun dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Prancis, ‘La Marseillaise’, yang menambah khidmat suasana upacara penutupan tersebut.

Di saat bersamaan, warga Paris secara langsung merayakan momen penyerahan estafet ini secara meriah di bawah menara Eiffel.

Terima kasih untuk seluruh atlet, tim pelatih dan jajaran official Indonesia yang telah berjuang memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

SAMPAI JUMPA PARIS 2024!

IDN.

Leave a Reply