SEA Games 2021 Resmi Ditunda

0
12
Source: Wikipedia

Pergelaran SEA Games 2021 yang dijadwalkan berlangsung di Vietnam pada 21 November hingga 2 Desember mengalami penundaan. Vietnam sudah pernah sekali menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Kawasan Asia Tenggara, yakni pada 2003 sejak SEA Games kali pertama digelar pada 1977. Pada SEA Games 2003, Vietnam mampu menjadi juara umum sepanjang sejarah SEA Games.

Ajang SEA Games ini urung digelar karena adanya lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut. Gelombang baru COVID-19 yang lebih besar sedang menerjang Vietnam. Mengutip Reuters, mulai Jumat (9 Juli) dini hari, Vietnam melakukan lockdown Ho Chi Minh City, pusat gelombang wabah.

Wakil Sekretaris Komite Olimpiade Thailand yang juga anggota Dewan SEA Games, Varin Tansuphasiri mengatakan Vietnam ingin menunda Olimpiade hingga tahun depan, 2022. Vietnam sendiri telah mengalokasikan anggaran sekitar USD 69 juta (sekitar Rp983 miliar) untuk SEA Games.

Dalam Rapat Kerja SEA Games Federation (SEAGF), Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari menyampaikan bahwa Indonesia dan sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Kamboja, dan Brunei Darrussalam sebenarnya menolak penundaan tersebut. Namun setelah pembicaraan berjalan alot, keputusan pun pada akhirnya diambil pada Kamis (8/7/2021).

Indonesia terpaksa menerima keputusan tersebut. Melalui Kemenpora, disampaikan jelas alasannya karena anggaran pelatnas sudah berjalan dan jika ditunda akan terjadi penumpukan event di tahun berikutnya.

Ketua umum komite olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari juga menyampaikan mereka pun akan mengalami kesulitan dalam menentukan mekanisme anggaran.

Pada kesimpulannya SEA Games 2021 pun telah resmi ditunda pelaksanaannya ke 2022. Tanggalnya pun dipastikan akan digelar pada 21 November 2022 mendatang.

Mari kita tetap dukung dan beri semangat untuk para atlet Indonesia.

IDN.

Leave a Reply