Paralimpiade Tokyo 2020 Resmi Dibuka

0
9
Kontingen Indonesia pada Upacara Pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020

Setelah ditunda selama setahun akibat pandemi Covid-19, Paralimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka pada Selasa (24/8/2021) pukul 18.00 WIB di Stadion Olimpiade, Tokyo. Paralimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan bergulir selama dua pekan dari 24 Agustus 2021 hingga 5 September 2021.

Karena melonjaknya kasus Covid-19 di Jepang, Paralimpiade Tokyo 2020 berlangsung tanpa penonton, kecuali beberapa siswa dengan tetap menjadikan keselamatan sebagai prioritas.

Upacara Pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020 sendiri berjalan lancar, cukup meriah, dan mengusung konsep besar “We Have Wings”. Hal itu diartikan sebagai semangat mengakui keberagaman yang dimiliki semua manusia.

Indonesia tampil menawan dengan kostum serba merah putih. Dua atlet pembawa bendera merah putih, Hanik Puji Astuti dan Jaenal Aripin, memakai kostum yang dimodifikasi dari pakaian adat daerah masing-masing.

Hanik memakai baju adat Sumatera yang dibuat dari kain beludru berwarna merah yang dipadukan dengan songket dan ikat kepala yang didesain simpel. Adapun Jaenal masih menggunakan Udeng Bali putih. Pakaiannya dibuat dari kain jaguar berwarna merah dengan ornamen emas yang menutupi kain Prada merah putih.

Paralimpiade 2020 akan mempertandingkan 539 event dari 22 cabang olahraga yang akan berlangsung di Tokyo dan tiga perfektur terdekat. Indonesia meloloskan 23 atlet ke Paralimpiade Tokyo 2020 yang berasal dari tujuh cabang olahraga antara lain atletik, badminton, tenis meja, menembak, balap sepeda, renang dan powerlifting.

Aksi para atlet Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020 akan ditayangkan televisi nasional secara gratis, televisi berlangganan, dan layanan over the top (OTT).

Dalam laman resmi Paralimpiade Tokyo, grup Emtek hadir sebagai official broadcaster dan akan menghadirkan 125 jam siaran langsung melalui O Channel, Champions TV 1/2/3, dan Vidio.com.

IDN.

Leave a Reply