Prabowo Siap Maju di Pilpres 2024, Asal…….

0
11

Prabowo Subianto menegaskan dirinya siap maju menjadi calon presiden  2024. Namun ia menyadari tidak semudah itu untuk menjadi capres di 2024. Harus ada dukungan dari masyarakat, partai politik juga teman-temannya. “Ya enggak bisa, kita kan enggak bisa maju sendiri, harus ada teman. Harus ada dukungan kiri kanan dan sebagainya, it’s not that easy, kita realistislah,” ujarnya dalam perbincangan Podcast Deddy Corbuzier, Minggu (13/6/2021).

Menanggapi pernyataan Prabowo tersebut, Wakil Ketua Gerindra Habiburokhman menyatakan akan menunggu pernyataan resmi dari Prabowo Subianto. Lebih lanjut, Habiburokhman mengatakan pihaknya mendukung Prabowo secara resmi. Dia menegaskan tidak ada tokoh lain di Gerindra untuk capres.

Sementara itu Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat bahwa Prabowo Subianto dan Anies Baswedan menjadi dua tokoh paling dikenal oleh publik. Sebanyak 98 persen responden menyatakan tahu Prabowo, sedangkan 83 persen menyatakan tahu Anies Baswedan.

“Prabowo Subianto dikenal oleh hampir semua pemilih, tapi kurang diikuti sikap suka pemilih.” kata manajer program SMRC Saidiman Ahmad dalam rilis hasil survei, Minggu, (13/6/2021)

Dari 98 persen yang tahu Prabowo, hanya 78 persen responden yang menyatakan suka pada sosok Menteri Pertahanan tersebut.

Berikutnya, lanjut Saidiman, Sandiaga Uno sudah dikenal luas pemilih (83 persen) dan cenderung lebih disukai pemilih (85 persen). Sebaliknya, ada nama-nama yang tingkat popularitasnya jauh lebih rendah tapi tingkat kedisukaannya (likeability) jauh lebih tinggi

Mereka ialah Khofifah Indar Parawansa (tahu 48 persen, suka 81 persen), Tri Rismaharini (54 persen, tahu 65 persen), Ganjar Pranowo (tahu 57 persen, suka 84 persen), dan Ridwan Kamil (tahu 65 persen, suka 85 persen). “Karena untuk dipilih seorang yang dikenal harus disukai maka untuk sementara yang paling kompetitif untuk dikampanyekan adalah Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini, dan Khofifah,” kata Saidiman.

Dari survei ini, SMRC juga memotret tingkat elektabilitas para tokoh tersebut sebagai calon presiden. Dari sejumlah simulasi, nama Prabowo Subianto bertengger di posisi teratas dengan elektabilitas minimal 20 persen. Di posisi berikutnya ada nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil.

Survei ini digelar pada 21-28 Mei 2021 melibatkan 1.072 responden. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei sebesar 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Leave a Reply