Selamat Jalan Pahlawan Kemanusian, SUTOPO

0
196
Sutopo Purwo Nugroho

Setelah berjuang melawan kanker paru yang terus menggoroti tubuhnya, akhirnya putera terbaik bangsa ini berpulang selepas mencoba berobat ke negeri china. Upacara pemakaman jenazah almarhum Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusdatin dan Humas BNPB dihadiri ribuan pelayat Pemakaman Umum (TPU) Sonolayu, Boyolali.

Jenazah Sutopo dimasukkan liang lahad pukul 08.50 WIB, Senin (8/7/2019). Prosesi pemakaman dilakukan dengan upacara militer dengan inspektur Kepala BNPB Letjen (TNI) Doni Monardo. Selaku komandan upacara, Kurniawan Fajar Prasetyo, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali.

Istri dan kedua anak Sutopo serta kedua orang tuanya dan keluarga turut hadir dalam pemakaman. Raut kesedihan tampak dari wajah-wajah mereka. Bahkan mereka terus didampingi dan dipapah para kerabat.

Kepala BNPB, Letjen (TNI) Doni Monardo menilai almarhum Sutopo Purwo Nugroho  sebagai Pahlawan Kemanusiaan. Dia berharap akan lahir Sutopo-Sutopo muda di masa mendatang.

“Pahlawan kemanusiaan yang telah mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Doni Monardo ditemui usai memimpin upacara pemakaman almarhum Sutopo Purwo Nugroho di TPU Sonolayu, Boyolali Kota, Senin (8/7/2019).

Menurut Doni, apa yang dilakukan Sutopo sangat luar biasa. Dalam keadaan sakit, dia masih bisa memberikan pelayanan publik yang terbaik sebagai Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB.

Nampak ratusan karangan bunga sebagai tanda ucapan berduka dari berbagai lapisan masyarakat dan para pejabat seperti Presiden Jokowi  berjejer sangat rapi. (INT)

Leave a Reply