Anindya Bakrie Mengalah, Sepakati Arsjad Menjadi Ketum KADIN

0
7
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Rosan P Roeslani (tengah) didampingi Anindya Bakrie (kanan) dan Arsjad Rasjid memberikan keterangan pers terkait Munas Kadin 2021 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 28 Juni 2021. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Persaingan Anindya Bakrie dan Arsjad Rasjid dalam memperebutkan kursi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berakhir dengan kesepakatan. Arsjad diputuskan menjadi Ketua Umum Kadin periode 2021 – 2025 sebelum Musyawarah Nasional (Munas) VIII berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani, menyatakan bahwa Anindya akan diberi jabatan Ketua Dewan Pertimbangan. Menurut Rosan, kedua kandidat telah bersepakat setelah duduk bersama. “Keputusan ini akan dibawa ke Munas untuk direalisasi sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga,” kata dia.

Kesepakatan itu disampaikan Rosan bersama Anindya dan Arsjad ke Presiden Joko Widodo melalui kunjungan ketiganya ke Istana Kepresidenan, Senin (28/6/2021). “Ini sudah ada kesepakatan, musyawarah untuk mufakat yang telah kami sampaikan ke Bapak Presiden yang nanti saya persilakan masing-masing untuk berbicara, intinya adalah keduanya setuju untuk dua-duanya menjadi ketua,” kata Rosan dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin. Menurut Rosan, kesepakatan itu sangat diapresiasi oleh Presiden Jokowi.

Bahwa dunia usaha ini selalu mencari solusi yang terbaik, tidak saling mau menang sendiri,” ujarnya. Rosan mengungkap bahwa dinamika pemilihan calon ketua umum Kadin beberapa waktu belakangan cukup tinggi, tapi selalu kondusif.

Baik Rosan, Anindya, maupun Arsjad seringkali bertemu untuk membicarakan hal tersebut dan mengupayakan jalan keluar terbaik. Dengan tercapainya kesepakatan, kata Rosan, langkah selanjutnya yakni melakukan pengukuhan melalui musyawarah nasional (munas) Kadin. “Tentunya ini akan dibawa ke munas untuk direalisasikan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang ada. Tapi itu kesepakatan yang sudah tercapai, yang baru saja tercapai,” ucapnya. Adapun Munas Kadin akan digelar pada 30 Juni-1 Juli di Kendari, Sulawesi Tenggara.

 

 

Leave a Reply