Kabar Duka, Dalang Kondang Ki Manteb Soedharsono Meninggal Dunia

0
12
Dalang Ki Manteb Soedharsono

Dalang Ki Manteb Soedharsono adalah dalang kondang wayang kulit asal Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang juga menjabat sebagai penasehat di organisasi Paguyuban Dalang Surakarta.

Diketahui Ki Manteb Soedharsono lahir di Palur, Mojolaban, Sukoharjo, 31 Agustus 1948. Karena kepiawaiannya dalam memainkan wayang, beliau dijuluki sebagai Dalang Setan oleh para penggemarnya, dan dikenal sebagai dalang yang memahami ideologi Pancasila.

Kemampuannya mendalang juga terbukti setelah berhasil memecahkan rekor MURI mendalang selama 24 jam 28 menit pada 2004 lalu.

Selain kemampuannya dalam mendalang, Ki Manteb Soedharsono juga dikenal sebagai pemeran iklan yang bertajuk ‘Pancen oye!’. Kiprahnya dalam dunia wayang juga telah diabadikan dalam buku “Ki Manteb Soedarsono Pemikiran dan Karya Pedalangannya,”.

Kabar meninggalnya Dalang kondang Ki Manteb Soedharsono beredar luas di media sosial. Dalang Ki Mantep tutup usia pada 72 tahun di rumahnya di Dusun Sekiteran, Kelurahan Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada Jumat (2/7/2021).

Sosok Ki Mantep Soedharsono diketahui memiliki komorbid penyakit di paru-parunya. Menurut salah seorang rekannya, Sugeng Nugroho, bahwa Ki Manteb Soedharsono meninggal dengan diagnosa Covid-19.

Rasa belasungkawa yang amat mendalam atas berpulangnya Ki Manteb Soedharsono disampaikan oleh Bupati Karanganyar H Juliyatmono , sejumlah artis, seniman dan budayawan pada media sosial.

Almarhum akan dimakamkan pada hari ini di kediamannya di Dusun Sekiteran, Desa Doplang, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Semoga segala amal ibadah almarhum Ki Manteb Soedharsono diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Selamat Jalan Ki Manteb Soedharsono. Karya dan jasamu akan selalu terkenang.

IDN.

 

 

Leave a Reply