Pilpres Masih Jauh, Politisi Saling Merapat

0
14

Meski Pemilihan Presiden 2024 masih jauh dan pandemi Covid-19 masih meroket, namun gerakan safari politik para politisi dan kepala daerah yang digadang-gadang menjadi capres 2024 dari hasil beberapa lembaga survey  semakin terlihat.

Memang mereka tidak terang-terangan mengungkapkan kepada publik bahwa pertemuan mereka merupakan pembicaraan Pilpres ke depan, namun opini publik tidak bisa dibendung bahwa pertemuan tersebut adalah sinyal-sinyal kerjasama partai untuk Pilpres 2024.

Isu koalisi Partai Gerindra dan PDIP di Pilpres 2024 mencuat ketika  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno di lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan, Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Dalam kegiatan tersebut, keduanya menunjukkan sejumlah momen kedekatan. Prabowo lebih dulu memberikan sambutan pagi itu. Selain bercerita tentang Soekarno, Prabowo juga mengatakan bahwa pihaknya menghargai kehadiran Mega.

Setelah memberikan sambutan, Prabowo kembali ke kursinya. Ia duduk di sebelah kiri Mega. Ketika Mega hendak menuju ke podium untuk menyampaikan pidatonya, Prabowo berdiri dan menemani Ketua Umum PDI-P itu. Selama Mega menyampaikan pidatonya, alih-alih diduk di kursinya, Prabowo justru memilih mendampingi Mega dengan berdiri di belakangnya.

Kedekatan Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri, ketua umum masing-masing partai, pun disebut menjadi dasar berkoalisi di pilpres mendatang.

Momen kedekatan lainnya ditunjukkan oleh dua tokoh yang masuk dalam bursa calon presiden Pilpres 2024, Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mereka terlihat berboncengan di Kota Bandung, Jawa Barat. Momen itu diketahui lewat unggahan AHY di media sosial Twitter, @AgusYudhoyono.

AHY membagikan foto-foto saat menemui Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di Bandung. Keduanya berkendara satu motor dalam foto tersebut.

AHY dan Ridwan Kamil kerap masuk dalam jajaran bakal kandidat presiden 2024. Nama mereka biasanya berjajar dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Pemilu 2024 diputuskan akan digelar pada bulan Februari. AHY saat ini adalah Ketua Umum Partai Demokrat. Jika ingin maju, ia harus mendapat dukungan dari partai lain untuk bisa memenuhi ambang batas pencalonan.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengakui pertemuannya dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membahas isu politik. Namun, AHY menepis jika hal yang dibahas menyangkut Pilpres 2024. “Berbicara 2024 saya pikir masih cukup jauh yah. Saya tidak ingin terlau banyak spekulasi. Kalau bahas politik sudah pasti berbicara isinya nanti saja,” kata AHY di Nara Park, Ciumbuleuit, Kota Bandung, Jumat (4/6/2021).

Menurut dia, saat ini hanya ingin realistis dan fokus menangani situasi negara saat ini. “Kalau berbicara sejauh itu tidak yah kita sendiri mencoba realisitis, fokus memahami situasi dan kita lebih baik fokus menangani Indonesia hari ini. Saya sendiri dalam kapasitas pimpinan politik bisa menyuarakan di parlemen misalnya,” ungkapnya.

Momen pertemuan politisi lainnya ditunjukkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ketiganya bertemu di gelanggang basket.

“Bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mas Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan,” kata Airlangga seperti dikutip lewat akun Instagram-nya, Senin (7/6/2021).

Partai Golkar menegaskan Airlangga Hartarto adalah calon presiden 2024. Di sisi lain, Anies dan Sandi adalah 2 tokoh yang punya elektabilitas mumpuni di berbagai lembaga survei.

Airlangga Hartarto baru-baru ini juga bertemu dengan gubernur yang punya elektabilitas tinggi juga, yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pertemuan Airlangga-Ridwan Kamil berlangsung di Hotel Intercontinental, Kota Bandung, Sabtu (5/6/2021) pagi. Dari foto yang beredar, keduanya berfoto bersama di atas balkon. Ada momen saat mereka berpose ‘adu kepal’. Kode siap-siap duet Pilpres 2024?

 

Leave a Reply