Satu RW di Depok Nyaris Zona Hitam

0
11

Peningkatan pasien Covid-19 di Depok Jawa Barat melonjak tajam. Bahkan ada satu RW di Depok yang hampir semua warganya terkena Covid-19.

Sebanyak 37 kepala keluarga (KK) di RW 11, Kelurahan Kalimulya, Cilodong, Depok, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini. Ketua RW 11 Achirudin Akiel menyebutkan, dari data terbaru pada Senin (28/6/2021), terdapat tambahan 6 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga total ada 76 orang di RW 11 yang harus menjalani isolasi ataupun perawatan di rumah sakit. “Kami seharusnya sudah masuk tahap zona hitam (penyebaran Covid-19) karena penambahan ini sangat luar biasa,” kata Akiel kepada wartawan, Senin. “Hari ini (kemarin) 6 orang peningkatannya (kasus positif), dan ini pun masih menunggu hasil swab (warga) lain,” tambah dia.

Menurut Akiel, 76 warganya yang positif Covid-19 tersebar dalam beberapa kelompok umur, dari balita berusia 7 bulan, dewasa, sampai lansia. Sebagian dari mereka mengalami gejala sedang hingga berat sehingga mesti dilarikan ke rumah sakit. Namun, rumah sakit di Depok saat ini nyaris penuh

“Tadi ada salah satu warga kami yang memang terpapar Covid-19, harus dilarikan ke rumah sakit atau IGD, maka satgas tadi menggunakan APD secara lengkap telah menjemput untuk dibawa ke rumah sakit,” kata Akiel. “Yang menjadi kekhawatiran kami, dilema kami, di rumah sakit sangat luar biasa penuhnya, di IGD,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Depok, sebagaimana wilayah-wilayah lain di Indonesia terkhusus Jabodetabek, sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19 amat signifikan. Berdasarkan data terbaru per kemarin, Depok mencatat ada 7.942 kasus aktif alias pasien yang saat ini terkonfirmasi positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi atau perawatan. Data itu dikutip dari situs resmi ccc-19.depok.go.id. Jumlah itu merupakan yang tertinggi selama riwayat pandemi di Depok, melampaui puncak gelombang pertama 5.011 kasus aktif Covid-19 pada 30 Januari 2021.

 

 

 

Leave a Reply